Alasan MPI:
- Mencari peluang pasar
- Membuat kesepakatan dengan nasionalisme ekonomi yang sedang meningkat
- Menguasai bahan mentah lebih dulu
- Membagi resiko
- Mengembangkan basis ekspor
- Menjual teknologi
Challenges in going global:
- Shifting borders
- Unstable government
- Foreign exchange
- Corruption
- Technological pirating
Major decision in international marketing
- Deciding wheter to go abroad >> Deciding which market to enter >> Deciding how to enter the market >> Deciding on the market program >> Deciding on the marketing organization
Five models of entry into foreign markets:
- Indirect exporting >> Direct exporting >> Licensing >> Joint venture >> Direct investment
Criteria to entry:
- Market attractiveness
- Risk
- Competitive advantage
Joint venture ( terbagi 4 ) :
- Licensing : sell rights to name brand
- Contact manufacturing : make item in host country
- Management contracting : hired as management, consultant to host company
- Joint ownership : truly partnering with a company in host country
Tahapan internasionalisasi :
- Eksport tidak langsung
- Eksport langsung melalui distributor independent
- Lisensi beserta jenisnya
- Mendirikan perwakilan penjualan
- Perakitan di Negara asing
- Produksi di Negara asing
Strategi pengembangan ekspor :
Waterfall versus Sprinkler strategy
- Waterfall strategy : perusahaan secara bertahap bergerak ke pasar internasional, ekspansi dapat lebih terstruktur tetapi strategi ini memakan waktu lama
- Sprinkler strategy : perusahaan mencoba masuk ke beberapa Negara secara simultan atau dalam jangka waktu tertentu
Strategi masuk pasar secara optimal :
- Matrik cara masuk pasar luar negeri :
Strategi Posture :
- Incremental, strategi ketika perusahaan baru masuk tahap awal internasionalisasi
- Protected, ketika perusahaan memiliki rahasia dagang atau paten
- Control, untuk perusahaan yang sudah mapan
- Situasi pasar atau produk :
- Emerging : pasar yang baru dibuka karea adanya perubahan politik ( infastruktur lemah, distribusi kurang )
- High-growth : pasar yang memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi
- Mature : pasar yang telah matang, dimana pangsa pasar sangat penting
Tidak ada komentar:
Posting Komentar